Berita Terbaru
Loading...
Tuesday, January 7, 2014

Sisi Negatif Merokok Yang Jarang Di Ketahui

9:00 AM
GadisWorld - Anda pasti sudah tahu betapa banyak perokok di Indonesia ini, Komoditi ini sepertinya tidak pernah ada matinya sekalipun sudah dibebani pajak sekian banyak oleh negara. Bahkan setelah diingatkan akan kerugian yang ditimbulkan, tak juga orang berhenti mengonsumsinya. Sudah sejak dahulu kala, rokok menjadi barang yang dinikmati berbagai kalangan masyarakat. Mulai dari mereka yang bekerja memakai jas dan mengendarai mobil mewah, hingga mereka yang harus mengais makanan di jalanan.


Namun, ada yang perlu Anda ketahui lagi dari sisi negatif merokok. Selain menyebabkan kanker, impoten dan penyakit jantung, timbul plak gigi, rokok ternyata erat kaitannya dengan pola tidur dan problem tidur yang setiap hari Anda alami.

Rokok, dilansir oleh antaranews, dapat menyebabkan jam biologis yang ada di paru-paru dan otak membuat tubuh terhalang dari tidur nyenyak. Alhasil, kemampuan kognitif jadi menurun, depresi serta timbul kecemasan.

Dr. Irgan Rahman, dari pusat kesehatan Universitas Rochestere mengatakan bahwa rokok mempengaruhi fungsi neurofisiologis dan berakibat buruk bagi paru-paru. Ada peradangan serta penurunan aktivitas otak yang akan terjadi ketika rokok terus menerus masuk ke dalam tubuh.

Merokok jangka pendek
Bahkan, efek merokok jangka pendek juga bisa berbahaya. Disebutkan bahwa merokok jangka pendek dapat menurunkan molekul yang dikenal dengan nama SIRTUIN1. Pengurangan ini akan mengubah tingkat protein dan jam biologis.

Perokok pasif
Demikian pula dengan perokok pasif. Tak hanya perokok aktif saja yang akan mengalami efek buruk merokok. Terbukti dengan tikus yang menjadi bahan percobaan.
Di sebuah ruangan ditempatkan tikus yang hidup dengan udara bersih, sedangkan kelompok lain tikus yang hidup di ruangan terkena asap rokok. Hasilnya, metabolisme serta jam biologis tikus yang berada di ruangan berasap rokok jauh lebih lamban.

Hal ini kemudian menjawab keresahan serta keluhan susah tidur yang selama ini dipaparkan banyak orang. Untuk mengatasi masalah tidur ini, rokok memang harus disingkirkan dari hidup Anda.

0 comments:

Post a Comment